Bencana Alam di Indonesia Yang Terjadi Pada Awal Tahun 2021

Tahun 2021 seperti yang sudah kita ketahui terdapat berbagai berbagai peristiwa duka di tengah pandemi Covid-19 yang terus menjangkiti negeri kita tercinta, yakni Indonesia. Kabar duka muncul lantaran terjadinya bencana alam yang juga memakan korban jiwa dibeberapa tempat di Indonesia.

Perlu kalian ketahui beberapa bencana alam yang terjadi pada awal tahun 2021 ini, juga bisa dikatakan di tengah peristiwa duka dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Kepulauan Seribu tepatnya di perairan pada tanggal 9 Januari 2021 silam.

Segera simak apa saja bencana alam 2021 yang terjadi di Indonesia, berikut ini pembahasan lengkapnya yang terdiri dari:

Deretan Bencana Alam di Indonesia Yang Terjadi Pada Awal Tahun 2021

Bencana Alam di Indonesia Yang Terjadi Pada Awal Tahun 2021

1. Longsor di Sumedang di Jawa Barat

Bencana longsor terjadi di daerah Sumedang pada awal tahun ini tepatnya pada tanggal 9 Januari. Bencana longsor 2 kali pada pukul 16:00 WIB dan 19:00 WIB di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung. Menurut keterangan dari data sementara terdapat kurang lebih 1020 orang diusingkan akibat longsor tersebut. Juga terdapat data 36 korban jiwa yang berhasil di evakuasi.

Kepala BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana, yakni Pak Raditya Jati juga menyatakan, sedang dalam proses pencarian korban longsor di Desa Cihanjuang dan sempat mengalami kendala saat proses pencarian karena cuaca sedang hujan waktu itu.

Dari pihak BMKG atau (Badan Meteorlogi, Klimatologi dan Geofisika juga memberikan laporan terdapat longsor susulan waktu itu. Karena, menurut penilitian dari BMKG tersebut masa terdapat retakan pada beberapa titik longsor terjadi. Sehingga, BMKG memberikan himbauan terhadap tim evakuasi untuk selalu menjaga keselamatan saat lakukan evakuasi.

2. Banjir Yang Terjadi di Kalimantan Selatan

Hujan lebat dengan durasi panjang disertai dengan angin kencang pada 12 s/d14 Januari  2021 mengakibatkan banjir yang menggenangi sejumlah wilayah yang terdapat di Kalsel / Kalimantan Selatan.

Bagian daerah yang parah akibat terkena bencana alam banjir di Kalimantan Selatan ini, adalah tepatnya di Kabupaten Balangan yang berpososisi pada bagian utara Kalimantan Selatan. Terdapat hasil laporan dari BNPB pada Sabtu, 16 Januari 2021 tercatat terdapat 3.571 rumah yang tergenang banjir bandang tersebut di daerah Balangan.

Banjir di kawasan Balangan tersebut disebabkan oleh hujan yang amat deras. Sehingga juga membuat sungai Balangan dan Sungai Pitap meluap. BPBD atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang terdapat di Balangan menyebut, saat ini banjir mungkin akan surut pada beberapa hari kemudian. Pada saat itu, banjir memiliki ketinggian sekitar 50 sampai dengan 150 CM.

3. Banjir Beserta Longsor di Manado di Sulawesi Selatan

Bencana banjur berserta tanah longsor juga terjadi di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara pada Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 15.09 WITA. Penyebab dari bencana adalah karena intensitas hujan yang sangat tinggi dan juga struktur tanah yang tidak baik.

Tingginya permukaan air saat banjir yang menggenangi kawasa tersebut mencapai 50 cm lebih. Pusat Pengendali Operasi BNPB melaporkan, kerugian material akibat bencana ini ialah terdapat beberapa rumah yang rusak akibat di terjang bencana ini. Berdasarkan catatan dari BNPB bencana banjir dan longsor di Manado juga memakan 6 korban jiwa dan juga menyebabkan kurang lebih 500 orang mengungsi.